LIMA PILAR PENGAJARAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA ASING BAGI PESERTA DIDIK USIA DINI DAN KELAS-KELAS AWAL SEKOLAH DASAR

 

Pilar 1 : Guru yang efektif memahami dengan baik siapa anak-anak itu

Sangat perlu dipahami guru bahwa anak-anak bukanlah miniatur orang dewasa, sehingga perlakuannya harus dilihat dari perspektif dunia mereka.

Pilar 2 : Guru yang efektif memahami bagaimana anak-anak belajar

Dipandang dari perspektif sosio kultural, proses belajar pada anak mempunyai enam prinsip; 1) anak-anak belajar dari pengalaman langsung, 2) anak-anak belajar dari eksplorasi kegiatan fisik, 3) pikiran anak-anak cenderung terikat pada konteks situasi “sini dan kini”, 4) anak-anak belajar secara holistic – dari konsep besar berlanjut ke bagian-bagiannya—menggunakan script (gambaran situasi dalam pikiran, 5) anak-anak belajar secara implisit melalui partisipasi dalam kegiatan social dan berinteraksi dengan orang lain, 6) anak-anak memiliki rentang perhatian yang relative pendek.

Pilar 3 : Guru yang efektif memahami bagaimana anak-anak memperoleh bahasa

Ada tiga dimensi belajar bahasa pada anak, yaitu; adanya pajanan (ekposure) terhadap penggunaan bahasa fungsional, adanya kesempatan untuk melakukan sendiri tindakan berbahasa untuk keperluan komunikasi yang otentik (engagement), dan hadirnya dukungan yang konsisten. Artinya Anak-anak memperoleh bahasa melalui observasi terhadap peristiwa bahasa fungsional dan berpartisipasi dalam tindakan bahasa untuk keperluan komunikatif

Pilar 4 : Guru yang efektif memahami bagaimana anak-anak belajar/beroleh bahasa inggris sebagai bahasa asing

Status bahasa inggris sebagai bahasa asing membuat bahasa inggris betul-betul menjadi asing didunia anak, tidak tersedianya pajanan, lingkungan yang kaya akan kosa kata bahasa inggris sehari-hari menjadi kesulitan tersendiri bagi anak, sehingga guru harus bisa untuk tidak membuat bahasa inggris menjadi hal yang asing bagi anak walaupun statusnya tetap sebagai bahasa asing.

Pilar 5 : guru yanf efektif mengetahui cara dan memiliki keterampilan untuk memfasilitasi anak-anak agar dapat secara optimal mempelajari/memperoleh bahasa inggris.

Guru bahasa inggris yang efektif adalah guru yang dapat dengan fasih menggunakan bahasa yang dianjurkannya untuk tujuan-tujuan komunikasi fungsional, termasuk tujuan instruksional. Ada 7 cara untuk memfasilitasi anak-anak agar dapat mempelajari bahsa inggris secara optimal: 1) sebanyak mungkin gunakan bahasa inggris di kelas untuk memberikan pajanan bagi anak, 2) ciptakan lingkungan yang kaya bacaan dalam bahasa inggris, 3) gunakan teknik-teknik pengajaran berbasis aktivitas, 4) gunakan variasi pembelajaran dengan efektif, 5) gunakan bahasa inggris yang fungsional, 6) sering-seringlah mengulangi kata-kata yang relative baru dan penting dalam komunikasi yang otentik, 7) ciptakan kegiatan-kegiatan rutin yang sarat dengan penggunaan bahasa  

HUBUNGI KAMI

Program Studi Pendidikan Guru PAUD-S1

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran, Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 63424

Fax  : (0281) 637239